Kerupuk Sambal, nikmatnya cemilan khas Cirebon

Written By Unknown on Minggu, 14 Desember 2014 | 17.49

Kerupuk atau Krupuk sambal adalah makanan berupa cemilan khas daerah Cirebon yang terkenal dengan kelezatanya dan kegurihanya. Kerupuk sambal bisa dinikmati secara santai sebagai cemilan yang enak dan biasanya dinikmati disore hari. Makanan khas Cirebon ini bersikan komposisi kerupuk mlarat (kerupuk yang digoreng menggunakan pasir) khas Cirebon dan ditambah sambel dage (oncom)  dimana pengolahanya amatlah mudah.

Kerupuk sambal juga bisa disajikan dengan makanan atau bahan tambahan seperti bihun, gorengan, maupun kangkung. Makanan ini banyak di jumpai di berbagai penjuru daerah-daerah Cirebon. Selain rasanya yang nikmat dan lezat kuliner ini juga memiliki harga yang ekonomis namun berkualitas. Bagi Anda para pendatang yang sedang berlibur atau sekedar singgah di Kota Wali ini amat di sayangkan apabila tidak menikmati jajanan khas Cirebon yang satu ini.

Membuat kerupuk sambal amatlah mudah, Anda bisa mencobanya sendiri di rumah. bahan-bahan yang dibutuhkan juga sederhana. Berikut cara membuat kerupuk sambal yang sangat mudah, Anda dapat mencoba membuat dengan mengikuti resep kerupuk sambal berikut :

Bahannya :
  • Kerupuk khas Cirebon yaitu kerupuk mlarat secukupnya
Bahan-bahan lainnya :
  • Kangkung
  • Bihun
  • Gorengan (gorengan yang asin)
  • Minyak goreng
Bumbunya :
  • Bumbu dage (oncom) , adapun bahan untuk membuatnya adalah : bawang merah, bawang putih, cabai, garam, tomat dan penyedap lainya secukupnya lalu dage (oncom)
Cara membuat kerupuk sambal :


Buatlah bumbu terlebih dahulu, yaitu haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, garam, tomat, dage (oncom) beserta penyedap lainya dengan cara di ulek. Lalu gorenglah sampai matang dan berbau harum. Angkat lalu tuangkan diatas kerupuk mlarat beserta kangkung, bihun dan gorengan yang sudah diletakan di atas piring. Selamat mencoba dan menikmati semoga bermanfaat. 




SHARE

About Unknown

2 komentar :

  1. The best titanium trimmer -Tianium Arts
    T.I.T. has a new columbia titanium pants stainless steel trimmer that offers a unique look in all hypoallergenic titanium earrings stainless steel. The trimmer is designed to be titanium mens wedding bands a little heavier than titanium trim hair cutter reviews a titanium gr 5 standard

    BalasHapus

Kesuwun

Kesuwun