Kerupuk Melarat, rasa konglongmerat

Written By Ari on Selasa, 02 Desember 2014 | 02.22

Kerupuk melarat merupakan cemilan khas Cirebon dan sekitarnya. Melarat merupakan bahasa Jawa, jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya miskin, namun makanan ini tak sesuai denagn namanya justru banyak orang-orang yang kaya suka dengan makanan ini karena enak dan gurih. Kerupuk melarat kerupuknya konglongmerat, mungkin itu ungkapan yang pasnya.

Kerupuk melarat digoreng menggunakan pasir yang sudah dibersihkan. Itulah yang membuat kenapa kerupuk ini dinamai kerupuk melarat. Bahan dasar krupuk ini sebenarnya adalah tepung tapioka. Warna dari kerupuk ini biasanya merah muda, kuning dan putih berbentuk panjang, namun ada juga yang berbentuk seperti bunga.
Daerah pembuat kerupuk melarat dapat di jumpai di desa Setu Kulon, Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon

Proses kerupuk melarat digoreng sangatlah mudah, berikut caranya :
Siapkan bumbu,  yaitu :
10 siung bawang putih yang sudah dikupas
1 sendok ketumbar atau secukupnya
3 siung bawang putih yang sudah dikupas
Garam secukupnya sesuai kebutuhan

Cara membuat kerupuk melarat :
Semua bahan tersebut tumbuk halus. Setelah itu masukkan bumbu ke dalam tempat yang berisi 1/4 Gelas air, kemudian aduklah hingga merata. Selanjutnya siram kerupuk yang mentah dengan air bumbu yang sudah di buat tadi. Lalu  jemurlah kerupuk yg sudah disiram sampai kering. Setelah itu gorenglah dengan menggunakan pasir yang sudah di bersihkan. Kerupuk melarat yang di goreng akan mengembang. Bersihkanlah kerupuk tersebut jika pasir menempel. 

Demikianlah cara membuat kerupuk melarat yang mudah dan simpel. Kerupuk mlarat juga merupakan bahan dasar untuk membuat kerupuk/krupuk sambal.




SHARE

About Ari

0 komentar :

Posting Komentar

Kesuwun

Kesuwun